Tuesday, February 17, 2009

Apa yang Membuat Komputer dapat "Berpikir"?

Sebelumnya telah dikatakan bahwa komputer tak dapat berpikir. Tetapi sebenarnya pastilah masih ada beberapa hal yang mengganjal di pikiran kita. Salah satunya adalah tentang bagaimana bisa komputer melakukan suatu proses yang membuatnya seolah-olah bisa berpikir seperti manusia.

Lebih dari 50 tahun yang lalu ahli matematika dan filosofi asal Inggris Alan Turing menemukan sebuah strategi inovatif untuk menjawab pertanyaan ini, dan pendekatan dari strategi ini telah mengajarkan dengan sangat banyak pengetahuan tentang pendesainan kecerdasan buatan, sebuah bidang yang dikenal dengan artificial intelligence. Artificial Intelligence itulah yang membuat komputer bisa “berpikir”.

Artificial Intelligence dapat diartikan sebagai pembelajaran mengenai metode di mana sebuah komputer dapat menirukan aspek dari kecerdasan manusia. Satu tujuannya dari pelajaran ini adalah untuk mendesain sebuah komputer yang mampu berpikir. Sebuah hal yang dapat dicapai pada AI adalah perkembangan sistem yang dapat bekerja dengan bahasa yang alami, yang berarti bahasa itu kita ucapkan dan tulis seperti nyata dari program bahasa komputer lainnya. Aspek lain dari AI adalah kemampuan pada komputer untuk mencari pengetahuan di database untuk mendapatkan jawaban yang paling baik dari pertanyaan, karena ini memiliki hubungan kuat dengan cara untuk menyelesaikan masalah kita.

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan memiliki kemampuan panca indera manusia seperti telinga, mulut, mata, dan otak manusia. Misalnya pada telinga dan mulut manusia kita bisa memberikan pertanyaan yang kita inginkan pada komputer kemudian komputer tersebut merespon menjadi teks lalu isi teks tersebut diolah untuk diubah menjadi arti dan kemudian komputer merespon kembali melalui gelombang suara. Kemudian pada mata komputer seolah-olah bisa melihat benda nyata. Teknologi yang sekarang ditemukan antara lain Finger Print Recognition untuk memeriksa sidik jari seseorang kemudian dicocokkan di database. Biasanya di kepolisian digunakan mesin seperti ini. Kemudian juga ada Document Image Understanding. Di sini pada gambar bisa didapat informasi. Contohnya kita bisa mescan cetakan menjadi karakter. Juga bisa tulisan tangan manusia dimanipulasi menjadi karakter di komputer. Kemudian yang terakhir adalah otak. Komputer juga bisa memiliki kemampuan untuk berpikir, menganalisa, dan memberi keputusan yang terbaik seperti manusia.

Referensi:

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Turing_test
  2. http://www.sciammind.com
  3. Turing, A.M. (1950). Computing machinery and intelligence. Mind, 59, 433-460.

No comments:

Post a Comment