Tuesday, February 17, 2009

Apakah Komputer itu?

Komputer adalah alat elektronik yang beroperasi berdasarkan instruksi-instruksi yang disimpan dalam memorinya. Komputer dapat menerima informasi dalam bentuk data digital dan memanipulasinya sedemikian hingga hasilnya sesuai dengan instruksi yang telah diberikan untuk memproses data tersebut.

Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Tetapi sekarang istilah komputer lebih sering ditujukan pada desktop dan laptop. Jika menunjuk pada model desktop, “komputer” secara teknis hanya menuju pada komputer itu sendiri – bukan monitor, keyboard, dan mouse. Meskipun masih dapat diterima bahwa benda-benda tersebut adalah komputer bila dirangkai menjadi satu kesatuan. Namun secara benar-benar teknis, komputer adalah “sistem unit”. Sistem unit tersebut meliputi motherboard, CPU, memory (atau RAM), hard drive, dan video card.

Komputer terdiri dari beberapa jenis, antara lain personal computer (PC) yang sangat sering kita jumpai, minicomputer (komputer yang sangat kuat, dapat mensupport beberapa user secara bersamaan), mainframe (komputer yang besar dan bertenaga tinggi, dapat melakukan milyaran perhitungan dari berbagai sumber pada waktu yang sama), dan supercomputer (dapat memproses milyaran instruksi dalam hitungan detik, digunakan untuk menghitung perhitungan matematika yang sangat kompleks).

Referensi:

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Computer
  2. www.tech.purdue.edu/southbend/academics/degreeprograms/cit/cit_term.cfm
  3. www.techterms.com
  4. www.whatis.com

No comments:

Post a Comment